Rabu, 16 April 2014

Trip Bromo


Kali ini masih mennyajikan destinasi reguler dan favorit teman yang berada daerah tapal kuda jawa timur Bromo - Kawah Ijen - TN Baluran, berikut adalah secuil deskripsi tentang destinasi tersebut
Gunung Bromo :
Gunung Bromo merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Terkenal dengan kaldera atau lautan pasir dan kawah yang eksotis, serta pemandangan matahari terbit (Bromo Sunrise Tour) yang sangat indah. Bagi wisatawan, berkunjung ke gunung Bromo sangatlah istimewa karena lautan pasirnya yang luas sekitar10 kilometer persegi mengelilingi kawah Bromo yang mengepulkan asap putih.
Dari puncak gunung Penanjakan wisatawan bisa menikmati matahari terbit (sunrise) dan hamparan lautan pasir luas dan pemandangan latar belakang yang indah yaitu gunung Semeru, gunung Bromo dan Gunung Batok.Ketika sampai di puncak penanjakan rasa lelah dan mengantuk pun jadi hilang (untuk ke penanjakan biasanya start jam 4 pagi dari Cemoro Lawang), terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan ketika matahari mulai menampakkan sinarnya dari ufuk timur. Ditemani minuman hangat (kopi dan teh), serta jajanan ringan yang di jual di sekitar puncak penanjakan, menikmati indahnya pemandangan di puncak penanjakan terasa sangat lengkap dan tak terlupakan.
Puas menikmati Bromo Sunrise, Kita bisa melanjutkan perjalanan ke kaki gunung bromo. Dengan melewati lautan pasir yang membentang sangat luas tentu saja perjalan ke kaki Gunung bromo sangat menyenangkan. Tiba di kaki gunung bromo (parkiran jeep), pengunjung masih melanjutkan perjalanan sekitar 2 km, bisa naik Jeep maupun dengan berjalan kaki dan dilanjutkan menapaki anak tangga yangberjumlah sekitar 250 an.
Gunung Ijen :
Gunung Ijen atau lebih di kenal dengan Kawah Ijen, adalah salah satu gunung yang masih aktif sampai sekarang. Memiliki ketinggian 2.443 m dari atas permukaan laut, berdinding kaldera setinggi 300-500 m dan telah 4 kali meletus di tahun 1796, 1817, 1913 dan 1936.
Ijen merupakan satu komplek gunung berapi yang terdiri dari kawah gunung Ijen dan dataran tingginya. Kawasan ini terletak di tiga kabupaten yaitu Situbondo, Bondowos dan Banyuwangi.
Di kawasan gunung berapi ini terdapat pertambangan belerang, dimana mengindikasikan gunung ini masih aktif dan beraktifitas. Saat berada di kawasan kawah Ijen, pengunjung bisa menyaksikan para penambang yang sibuk membawa tumpukan belerang di punggung mereka.
Kawah Ijen merupakan pusat danau kawah terbesar di dunia, yang bisa memproduksi 36 juta meter kubik belerang dan hidrogen klorida dengan luas sekitar 5.466 hektar. Kawah yang berbahaya ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa dengan danau belerang berwarna hijau toska dengan sentuhan dramatis dan elok. Danau Ijen memiliki derajat keasaman nol dan memiliki kedalaman 200 meter. Keasamannya yang sangat kuat dapat melarutkan pakaian dan jari manusia. selain itu semua, terdapat pula api biru yang tidak pernah habis keluar dari retakan tanah yang ada di dekat sumber belerang. api biru masih dapat dilihat apabila langit masih gelap (sebelum matahari terbit).
Taman Nasional Baluran :
Bentang alam seluas 25 ribu hektare ini mempunyai beberapa jenis hutan, satwa, tumbuhan. Selain itu, kekayaan bawah lautnya juga menakjubkan. Belum lagi hamparan padang savana yang kini tersisa 5 ribu hektare serasa membawa kita di Afrika.
Tak heran jika padang savana Bekol di Baluran dikenal dengan sebutan “Little Africa”. Berbagai satwa, seperti kerbau, rusa, burung merak, monyet ekor panjang, banteng, bisa dinikmati di padang savana ini.
Memasuki Taman Nasional Baluran, kita akan disambut dengan bentang hutan lebat yang dinamakan hutan musim. Setiap musim kemarau, hutan ini selalu kering dan terlihat kecoklatan serta rawan terjadi kebakaran.Setelah berjalan beberapa kilometer, bentang hutan yang selalu hijau sepanjang tahun dinamakan hutan evergreen.
Setelah itu, kita melewati hutan musim lagi sebelum memasuki kawasan padang savana Bekol.Selama melewati hutan berlapis tadi, pemandangan menarik bisa kita saksikan dari dalam mobil, beragam satwa liar, seperti monyet ekor panjang, burung merak, ular, serta satwa lainnya terkadang berada di tengah jalan. Di sini kita bisa berhenti dan mendekat dengan pelan-pelan untuk mengabadikan gambar mereka.
Kita juga bisa berjalan-jalan membelah padang savana. Jika beruntung kita bisa melihat kawanan kerbau, rusa, burung merak, monyet ekor panjang, serta aneka satwa lainnya denga jarak yang lumayan dekat untuk mengambil gambar.
Selepas melewati padang savana, pengunjung berada di kawasan Pantai Bama. Pengunjung bisa memilih aneka aktivitas, seperti snorkeling, canoing, maupun snorkeling untuk melihat kekayaan bawah laut Pantai Bama.

Meeting Point Di Bundaran Dolog Surabaya (taman pelangi) Jl. Ahmad Yani SBY Pukul 22:00 dan selesai acara pada hari ke empat pukul 12:00

Hari 1

*Bertemu di Meeting Point Surabaya
*menuju Bromo
Hari 2
Tiba di Bromo
*Menuju destinasi (punjak, kawah, savanna, dan pasir berbisik) menggunakan jeep
*Sudah berada di cemoro lawang + makan siang
*Menuju Air Terjun Madakaripura (CONDITIONAL TERGANTUNG CUACA, BILA CUACA MENDUKUNG AKAN KITA KUNJUNGI, BILA CUACA BURUK KITA SKIP)
*Tiba di Air Terjun Madakaripura + eksplor
*Menuju Rest Area Bromo Asri (Makan malam, bersih diri, istirahat, dan cas gadget)
*Menuju Rest Area Hutama Raya (membeli cemilan atau perbekalan untuk tracking Ijen)
Hari 3
*Tiba di Ijen (00:00) dan persiapan tracking
*Tracking menuju Kawah, sumber belerang, api biru dan melihat Milky Way
*Sudah berada di parkiran ijen dan makan pagi
*menuju baluran
*tiba di pintu masuk baluran dan makan siang
*Eksplorasi baluran hutan dan savanna bekol dan Snorkel / canoeing / Eksplorasi
*Kembali menuju Surabaya
Hari 4
*Menikmati Pagi di Jembatan Suramadu
*Sarapan bebek sinjay
*menuju pusat oleh-oleh Genteng dan Sambel Bu Rudy
*Droping Gubeng untuk yang pulang via GBM (12:00)
*Droping Pasar Turi untuk yang pulang via Kertajaya
NB :
1.Itinerary sewaktu - waktu bisa berubah sesuai kondisi dilapangan
2.Perjalanan tidak menggunakan istirahat di penginapan, karena lokasi satu dengan yang lain memiliki jarak yang cukup jauh sehingga apabila istirahat hanya sebentar akan memakan biaya dan waktu yang tidak efisien. Dan ini merupakan perjalanan backpacker sehingga lokasi wisata yang di harapkan dapat banyak dengan waktu yang terbatas sehingga kami berusaha membuat waktu se efisien mungkin.
3.Perjalanan ini EXCLUDE dengan MAKAN karena dengan kondisi badan yang di forsir sehingga untuk makan tidak bias di asumsikan cukup 1 porsi dan dengan selera berbeda – beda

*Detail dan jam itinarary kan dijelaskan dan dibagikan di meeting point
Budget
Rp. 550.000

Include
elf AC selama perjalanan
solar
supir
tips+makan supir
tol dan parkir

pengeluaran Pribadi/exclude
Tiket Bromo Rp12,500
Jeep Bromo Rp100,000
Tiket Madakaripura Rp3,000
Tiket Ijen Rp 30.000
Tiket Baluran Rp20,000
Total Rp166,000 ~ 170.000 `=> pengeluaran Pribadi yang akan di koordinir pada waktu di meeting point

Barang yg harus dibawa
1. daypack WAJIB
2. Jaket anti dingin WAJIB
3. Jas Hujan / ponco / raincoat WAJIB
4. Sepatu / sendal gunung WAJIB (agar kaki lebih aman)
5. Pakaian ganti (baju, celana, dalaman, dan sebagainya) WAJIB
6. Kupluk / topi / slayer
7. Sarung tangan & kaos kaki ganti WAJIB
8. Botol Minum
9. Obat-obatan pribadi WAJIB
10. Alat bersih-bersih (tisu dll) WAJIB
11. Senter/ HeadLamp, Lampu dan baterai cadangan WAJIB
12. MASKER WAJIB
13. Dan perlengkapan lainnya yang kira-kira dibutuhkan

Cara Pembayaran
untuk periode pembayaran bisa cicil 3x
periode pembayaran pertama maks Rp. 350.000 => dp sebagai tanda jadi dan DP sewa elf
periode pembayaran kedua Rp. 100.00
periode pembayaran ketiga Rp. 100.000


Perjanjian :

1. Sistem pembayaran 3x dimaksudkan untuk yang bener - bener serius ikut jalan, pengalaman trip sebelumnya ada yang cancel H-3 banhkan H- 5 jam pemberangkatan dan untuk menghindari share cost yang naik maka dibikin sistim 3x pembayaran
2. DP yang sudah di setor tidak dapat di tarik kembali tapi dapat digantikan ke orang lain
temen2 bisa hunting tiket ke Ke surabaya mulai dari sekarang

Daftar peserta 1-4 Mei :
1. Ardyan
2. Nita
3. Aldi
4. Febriyanto
5. Suhar
6. Pratomo
7. Kahi
8. Budi
9. Lalisa
10.Christine
11.Josephine
12.lia
13.tmn lia
14.tmn lia

Daftar peserta 15-18 Mei
1. Agung
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
15.

Daftar peserta 24-27 Mei
1. Bayu
2. Tyas
3. Ricky
4. Wenni
5. Anita
6. Rani
7. tmn rani
8. tmn rani
9. Andini
10.Yoha
11.Wihini
12.Sugi
13.Lany
14.Robin
15.Vina
16.Diki
17.Nur indrawati
18.Didi junaidi
19.Siti
20.Anangga
21.Ghifary
22.Malika
23.Rizka
24.Deti
25.Steffi
26.Lutfi
27.Gina
28.Fauzan
29.Indah
30. Yunike
31. Yusniar

Daftar peserta 29 Mei - 1 juni
1. udin
2. Arief
3. Aeka
4. Wayan
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar